Cara Menghidupkan Aki Kering yang Drop

Di posting oleh WapKamu Dot Net pada 01:13 PM, 23-Mar-13
Assalamu 'alaikum Wr. Wb.

MF 0649
Jangan Anda buang dulu aki kering yang sudah tidak dapat menyimpan listrik lagi atau 'soak', coba perbaiki sendiri dengan cara yang sangat mudah. Mari kita pelajari dulu tentang jenis aki serta reaksi kimia yang terjadi di dalamnya.

Aki adalah sebuah alat yang dapat menyimpan energi listrik dalam bentuk energi kimia.
  • 1. Saat mesin mati sebagai sumber energi untuk menghidupkan asessoris, penerangan, dsb.
  • 2. Saat starter untuk mengidupkan sistem starter
  • 3. Saat mesin hidup sebagai stabiliser suplai listrik pada kendaraan, dimana pada saat hidup energi listrik bersumber dari alternator.


Aki terdiri dari beragam jenis:


1. Aki basah konvensional. lebih familiar dengan sebutan aki basah 2. Aki hybrid 3. Aki kalsium 4. Aki bebas perawatan/maintenance free (MF)/aki kering 5. Aki sealed
Yang akan kita bahas adalah jenis aki MF. Aki jenis ini dikemas dalam desain khusus yang mampu menekan tingkat penguapan air aki. Uap aki yang terbentuk akan mengalami kondensasi sehingga dan kembali menjadi air murni yang menjaga level air aki selalu pada kondisi ideal.

Aki jenis ini biasanya terbuat dari basis jenis aki hybrid maupun aki kalsium. Yaitu selnya menggunakan materi kalsium. Pada dasarnya antara beberapa jenis aki di atas adalah sama-sama menggunakan konsep reaksi kimia yaitu cairan elektrolit.

Elektrolit aki merupakan campuran antara air suling (H2O) dengan asam sulfat (SO4), komposisi campuran adalah 64% H2O dan 36% SO4. Dari campuran tersebut diperoleh elektrolit aki dengan berat jenis 1,270.

Reaksi kimia pada aki Listrik dibangkitkan akibat reaksi kimia antara plat positif, elektrolit aki dan plat negativ. Saat aki dihubungkan dengan sumber listrik arus searah maka terjadi proses pengisian (charge). Proses tersebut secara kimia dapat dirumuskan sebagai berikut:
Plat (+) + Elektrolit + Plat (-) Plat (+) + Elektrolit + Plat Image (-) Pb SO4 + 2 H2O + PbSO4 PbO2 + 2H2SO4 + Pb

Saat pemakaian listrik maka energi listrik yang tersimpan di aki akan mengalir ke beban, proses ini sering disebut proses pengosongan (discharge).
Proses pengosongan secara kimia dapat dirumuskan sebagai berikut:
Plat (+) + Elektrolit + Plat (-) Plat (+) + Elektrolit + Plat Image (-) Pb SO4 + 2H2SO4 + PbSO4 PbO2 + 2 H2O + Pb

Dari reaksi kimia tersebut terdapat perbedaan elektrolit aki saat kapasitas aki penuh dan kosong, dimana saat aki penuh elektrolit terdiri dari 2H2SO4, sedangkan saat kosong elektrolit aki adalah 2H2O.

Penyebab elektrolit cepat berkurang dapat disebabkan oleh overcharging, oleh karena itu bila berkurangnya elektrolit tidak wajar maka periksa dan setel arus pengisian.

Pemeriksaan berat jenis elektrolit aki menggunakan alat hydrometer.
Pemeriksaan berat jenis elektrolit aki merupakan salah satu metode untuk mengetahui kapasitas aki. Aki penuh pada suhu 20 C mempunyai Bj 1,27-1,28, dan aki kosong mempunyai Bj 1,100 -1,130. Berat jenis elektrolit berubah sebesar 0,0007 setiap perubahan 1 C. Spesifikasi berat jenis normal ditentukan pada 20 C, oleh karena itu saat pengukuran temperature elektrolit harus diamati. ================ ================ ================ ================ ========== Kembali ke topik utama yaitu 'memperbaiki aki kering'.

Alat apa saja yang kita perlukan?
MF 0650
Pertama, tentu saja aki yang akan diperbaiki
MF 0654
Kedua, cairan elektrolit SO4 atau air zuur, jangan gunakan botol yang berlabel biru karena itu merupakan air suling atau air murni (H2O) yang digunakan sebagai cairan tambahan ketika air pada aki berada dibawah level terendah.
MF 0651
Ketiga, obeng minus (-) untuk membuka bagian kap atau penutup atas pada aki.
MF 0655
Keempat, Suntikan
Battery Hidrometer
Kelima, (optional) Hydrometer untuk mengukur berat jenis elektrolit. Kalau tidak punya juga tidak masalah karena yang akan kita praktekan tidak memerlukan keakuratan tinggi.
MF Kain Lap
Keenam, siapkan kain lap dan sabun untuk mencuci tangan ketika pekerjaan selesai, ingat cairan aki bersifat korosif dan gatal apabila terkena kulit. ================ ================ ================ ================ ========== Setelah alat tersedia mari kita praktekan.

Langkah-langkahnya adalah:


1. Bongkar bagian penutup aki dengan cara menyongkel, terdapat lubang kecil yang fungsinya sebagai pernapasan congkel bagian yang itu:
MF 0656
2. Terdapat 6 buah lubang (aki 12 Volt), dan 3 Lubang (aki 6 Volt) yang merupakan jalan untuk mengisi cairan elektrolit, lepas semua karet penutup kemudian isi dengan cairan elektrolit dengan cara menuangkan botol melalui selang yang telah terpasang atau bisa juga menggunakan suntikan. Yang saya gunakan adalah suntikan.
Volume cairan elektrolit tergantung besar kecilnya aki, rata-rata 20-30ml untuk aki berkapasitas 5 - 7,5 Ampere. Kalau terlalu penuh keluarkan lagi dengan cara menyedot sebab kalau terlalu penuh akan tumpah ketika dilakukan charge.
MF 0657

MF 0658
3. Karet jangan dipasang dulu sebelum dicharge sampai terisi penuh tujuannya adalah untuk memastikan bahwa cairan tidak tumpah keluar. Jika sudah selesai di charge penuh maka pasang kembali karet penutup dan kap atas kalau perlu diberi double tape (isolasi bolak-balik) supaya kap atas kuat.
MF 0660
Setelah langkah-langkah diatas sudah selesai coba lakukan pengukuran dengan menggunakan voltmeter, atau bisa juga cukup mengetes dengan lampu kalau terang berarti berhasil.

Cukup mudah bukan?
MF 0662

MF 0666
Kebanyakan orang berpendapat bahwa aki kering tidak dapat diisi cairan elektrolit lagi, padahal sebetulnya bisa hanya saja lubang tertutup dengan rapi sehingga tidak terlihat.

Untuk aki jenis 'sealed' sama saja caranya, hanya saja membuka penutup relatif lebih susah karena memang sudah direkatkan dengan kuat oleh pabriknya.

NB: Tingkat keberhasilan tergantung kondisi aki.

Semoga tips diatas bermanfaat bagi Anda. Terima kasih. Salam Penulis asli: Agus Salim Edison.

Sumber/Source

Wassalamu 'alaikum Wr. Wb.
Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter

Komentar

16 tanggapan untuk "Cara Menghidupkan Aki Kering yang Drop"

MaesaGT pada 04:48 PM, 23-Mar-13

pertamax,boleh ane coba gan...

ムのみど でず™ pada 10:30 PM, 23-Mar-13

mantab gan postingannya...... cairan elektrolit SO4 atau air zuur belinya dmna ya?

Arie Wibowo pada 01:17 AM, 24-Mar-13

Kunjungan malam min,
maaf ni telat berkunjung, lagi repot biut
harap maklum
sukses selalu blognya
ƗƗɐ ✽ ƗƗɐ  ƗƗɐ ✽ ƗƗɐ  ƗƗɐ ✽ ƗƗe

JURNAL pada 05:57 AM, 24-Mar-13

Kunjungan Pagi Dini tuk Mampir mengikuti update terbaru sahabat. izin baca2 dulu postinganya kelihatannya menarik & Sangat bermanfaat. . . Thanks Telah share.. Klo berkenan di tunggu kunjungan n saling sapa nya di | jurnal.heck.in

Muchopick pada 07:19 AM, 24-Mar-13

@Adhyzg, beli aja di bengkel motor sob, kbanyakan dah pd nytock air aki zuur, botol merah.

@Jurnal, thx to tuk feed comments nya, Insya Allah saya mampir kesitu.

@Arie, @Maesa, met aktipitas. thx

Ådì Çb pada 07:09 PM, 24-Mar-13

wah agak ribet jg ya ni cara mbenerinx sad

Muhammad Arbain pada 09:01 AM, 25-Mar-13

Kunjungan Pagi Sooob
Sekedar mau jalan-jalan aja, cari info


Ditunggu Kunbalnya ke sini yaa.. . .

http://arbain.mywapblog.com/

Allfine pada 08:55 PM, 28-Jun-13

nice post sob, kunjungan perdana sob, ditunggu kunbalnya biggrin

vicky pada 03:38 PM, 25-Jul-13

asalamualaikum..

selamat siang gan,,aku mau tanya nih,,klo sudah dikasih air suur trs di cas,,tidak ngisi malah panas,,-knapa ya?bisa ndak misalnya mbenerin cel celnya? saya tunggu jwbbnya kirim keemail saya saja,,terimakasih.
wasalamualaikum

subardiyanto pada 04:28 PM, 06-Sep-13

sore,
terimakasih atas informasinya. <br /><br />
saya sudah mencoba sama persis dg apa yang telah diuraikan di atas. Baterai yg saya coba adalah baterai sepeda motor matic. usia pemakaian baterai sekitar 1 tahun.pemakaian normal. yang ingin saya tanyakan, untuk pengchargeran itu membutuhkan Adaptor berapa Ampere & kira - kira waktu chargingnya berapa lama?<br /><br />
saya sudah charging sekitar 6Jam, tegangan 12 Volt Travo 2 Ampere. setelah di Charge, kita tes tegangan Normal. tetapi nggak kuat untuk Starting sepeda motor. apakah Ampernya yg drop?<br /><br />

ndoweh pada 08:55 PM, 07-Sep-13

mantap min.....

Fazyzwan pada 08:57 AM, 09-Sep-13

makasih ,,artikelnya gaya bahasa enak ringan dan yang paling terkesan mudah di mengerti

мя đðйį pada 06:22 PM, 13-Sep-13

dah paham skrng
nyimak ajh smile
kunbaL diTunggu biggrin

ryan nugraha pada 02:11 PM, 11-Nov-13

pantas dicoba....

Muammar pada 08:37 AM, 20-May-14

ok bos itu sudah sering ane lakukan di rumah lumayan aki drop jadi kuat lage.......tahan 1 malam haha

Nahrowi pada 06:46 PM, 22-May-14

mantaaap

Langganan komentar: [RSS] [Atom]

Komentar Baru

Silakan masuk untuk berkomentar